Langsung ke konten utama

Ghost Writer, Nulis Tapi Gak Keliatan

Apa itu Ghost Writer?
Penulis hantu? Bukan ... istilahnya penulis bayangan. Dia nulis, tapi buat orang lain. Istilahnya dia nulis buat dijual ke orang lain. Lah gimana dong, kok gitu?

 Menurut Wikipedia, Ghost Writer atau penulis bayangan itu Penulis bayangan mungkin memiliki berbagai tingkat keterlibatan dalam pembuatan sebuah karya, sedangkan beberapa penulis bayangan dipekerjakan untuk menyunting dan membersihkan draf kasar. Dalam kasus lain, Penulis bayangan melakukan sebagian besar penulisan berdasarkan sebuah garis besar yang diberikan oleh penulis yang akan diakui secara resmi. Dalam beberapa proyek karya tulis, penulis bayangan akan melakukan penelitian mendalam, contohnya saat seorang penulis bayangan dibayar untuk menulis sebuah otobiografi untuk orang terkemuka. Penulis bayangan juga dibayar untuk menulis cerita fiksi dengan gaya penulis yang diakui secara resmi, seringkali sebagai cara untuk meningkatkan jumlah buku yang dapat diterbitkan oleh penulis populer. Penulis bayangan akan sering dapat menghabiskan waktu dari beberapa bulan sampai satu tahun penuh untuk meneliti, menulis, dan menyunting karya non-fiksi untuk klien, dan mereka akah dibayar per halaman, dengan biaya rata, atau persentase dari royalti penjualan karya tulis, atau kombinasi cara-cara tersebut. Penulis bayangan kadang-kadang akan diakui secara resmi oleh penulis atau penerbit.

Banyak hal di dunia ini yang penuh dengan rahasia, ada banyak alasan kenapa seseorang membuat pilihan. Ghost writer itu penulis, tapi dia bukan nama penulis dari buku yang ditulisnya.
Kadang aku juga mikir, pasti gak enak deh jadi ghost writer. Kalau bukunya laris, yang tenar siapa? Yang dibilang keren siap? Pasti bukan dirinya, melainkan orang lain.

Aku juga kenal seorang ghost writer, di dunia ini gak ada yang gak butuh uang. Ghost Writer gak dosa kok dia juga berkarya, walau dia ternyata lebih ikhlas merelakan namanya untuk orang lain. Ada banyak orang yang gak tahu, ada juga sebuah buku yang ternyata bukan karya asli sang penulis. Tapi tetap aja sebagus apapun karya orang lain akan lebih mending jika itu karya kita sendiri.

So ....  semua tergantung niat, aku yakin Ghost Writer di balik sebuah karya memang patut diapresiasi karena dia berani berkarya dengan tangannya sendiri.

Terima kasih sudah membaca, jangan lupa tinggalkan komentar, follow google+ +adinda zetya  facebook Endang Indri Astuti, Twitter :
@queenlionade

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Novel: Belahan Jiwa, Saat Dia Selalu Bersamamu, Cinta itu Telah Hadir

Jangan dibuka trailer di atas kalau gak mau kayak aku, langsung lari ke Indomaret buat ngambil novel Belahan Jiwa karya Nuniek KR ini :). Sumpah dendam banget sama yang buat trailer, maksudnya apa coba, bikin trailer yang bisa bikin nangis dari detik pertamanya di play (Pas iklannya, Plak). Tapi beneran aku sempat menitikkan air mata waktu liat trailer ini. Ciyus. Buat Bang Roll, hebat banget bisa bikin trailer keren kayak gini. Kamu utang 1 tetes air mataku, Bang. Hiks T_T

Nila Asam Manis Pedas Ala Warung Mbak Diah Pedan

Menikmati weekend dengan makan di tempat yang rindang, sejuk dengan panorama khas pedesaan memang jadi dambaan semua orang. Seperti yang saya lakukan dengan teman-teman saya beberapa waktu yang lalu. Mencari makanan enak di kota kami, Klaten memang tidak cukup sulit. Hanya saja kadang untuk mencari lokasinya sedikit sulit, tapi untungnya sekarang ada aplikasi Opensnap jadi gak perlu repot buat cari lokasi tempat makan favorit. Hm ... Mandanginnya ampe segitunya :)

10 Menu Makanan yang Wajib Banget Kamu Cicipin Kalau Berkunjung Ke Coconuts Resto

Solo emang surganya kuliner, gak jarang kalau pas ke solo pasti aku menyempatkan waktu untuk sekadar jalan-jalan atau sekadar mencicipi wisata kuliner di kota yang memiliki julukan Spirit Of  Java.  Beberapa minggu yang lalu aku sempat ke Solo untuk mengunjungi kakakku. Selagi di Solo, maka gak afdhol kalau gak jalan-jalan atau wisata kulineran. Aku pun mengajak seorang teman untuk jalan bareng, kebetulan dia orang solo dan tahu solo banget.  Namanya Mbak Ana. Aku pun janjian dengan Mbak Ana untuk wisata kulineran bareng. Kami janjian di Hartono Mall Solo baru, karena tempat itu yang paling dekat dengan rumah kakakku. Aku pun segera bersiap dan berangkat ke Hartono Mall. Enggak butuh waktu lama. 10 menit aja nyampe, setelah parkir mobil aku pun menunggu di area VIP parking agar mbak Ana lebih mudah menemukanku.