Langsung ke konten utama

Kirab Suroan Gunung Kawi, Festival Lokal Cita Rasa Internasional

Lumayan nemu ginian, eh lah :)
Pernah gak sih kamu ngeliat Festival lokal tapi dengan cita rasa Internasional? Gak perlu bayar gratis pokoknya. Nah kemarin aku baru aja dapat kesempatan ngeliput Kirab 1 Suro di Gunung Kawi. Gunung Kawi itu mana? Pokoknya nama salah satu gunung yang ada di Malang.

Liputan bersama Ayah dan Bunda Ae :)

Ini pertama kalinya aku nonton Festival ini. Maklum, kan aku bukan orang Malang asli. Festival ini digelar tahunan, tiap tanggal 1 Hijriah atau yang disebut tanggal 1 Suro.
Rebutan Foto sama Lek Bidin :)

Baksonya menggoda :)

Pertama kali tiba di lokasi aku tertegun, biasanya aku lihat festival kalau di Klaten pastilah di jalan raya. Tapi kali ini beda Men. Festivalnya diadain di tengah desa. Tapi jangan salah ... penontonnya membludak. Bahkan sebagian besar penontonnya berasal dari luar daerah. Mereka sengaja jauh-jauh datang jauh-jauh buat nonton kirab ini.
Jangan lupa makan pas liputan :)

Gak salah memang kirab ini menjadi salah satu budaya yang wajib ditonton setiap tahunnya. Bahkan acara ini dibuka oleh Bupati Malang Pak Rendra Kresna. Diikuti oleh lebih dari 100 peserta Kirab yang berasal dari 14 RW di sekecamatan. Uniknya mereka itu keren-keren banget, mulai dari kostum, dandanan, dan alat-alatnya bener-bener keren.
Sekali-kali foto sama yang ganteng :)

Yang unik pula, ada juga patung yang terbuat dari Spoons yang gede banget, patung inilah yang mewakili suatu lambang dewa atau apa gitu. Festival ini sendiri butuhin dana yang gak sedikit loh, tapi emang hasilnya sebanding keren banget.
Ini patungnya gedhe banget kan?

Berasa banget kayak di Bali, ada mas-mas ganteng gitu yang pakai topi Bali. Aduh ... eyecatching, bisa juga buat cuci mata. ha ... ha ... ha ... Dandanan  para peserta itu unik, ada anak kecil yang bawa bendera, terus pakai sayap bidadari, ada ibu-ibu yang pakai baju blink-blink, terus marching Band, Barong Sai, terus ada pula yang dandanannya agak serem kayak buto (apa ya bahasa indonesianya? Duh).
Mereka bekerja sama bawa patung segedhe ini :)
Baksonya cuman 6000 ribu loh :)
Selfie iku harus :)

Berada di tengah-tengah peserta kirab :0
Kirab ini dimulai sehabis Dzuhur tapi para pesertanya udah siap-siap dari pagi, aku saranin kalau mau ke sana tahun depan datanglah pagi, bawa kamera dan charge hp full, gak keren kan kalau pas moment-moment penting hape kamu mati. Kamu gak perlu takut kelaperan deh, di sana banyak makanan yang dijual dengan harga murah kok. Ada Bakso, cilok, sate, wah ... pokoknya bisa wisata kuliner sekalian.
Pesertanya itu banyak banget :)

Kirab ini dimulai dengan pembukaan Bupati, lalu peserta kirab berjalan menuju tempat pembakaran Sangkala. Jadi gini ada satu patung besar yang wajahnya agak nyeremin, namanya SangKala, jadi semacam patung dewa jahat gitu. Sangkala nantiny akan dibakar dengan cara dipanah, sebelumnya di dalamnya udah ada petasan, atau apa yang sudah diprogram terlebih dahulu. Jadi begitu di panah langsung BOOM meledak. Keren banget, sayang kemarin buru-buru pulang jadi gak bisa ngeliat langsung pembakarannya, tapi cuman bisa liat dari Video yang dibawakan ayah Ae. Pembakaran ini sendiri dimaksudkan untuk membakar hal-hal buruk seperti angkara murka diharapkan masyarakat Gunung Kawi selalu sehat dan terhindar dari mara bahaya.
Kakek ini sadar kamera banget, makanya aku ajak foto :)
Tuh kan mbahnya eye catching :)

Kirab ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, banyak juga media lokal, koran, televisi yang datang untuk meliput acara ini. Buat kamu yang mau nonton, jangan lupa tahun depan ke sini! Keren banget ... sumpah ... bahkan penontonnya itu kayak di Kanjuruhan pas Arema tanding. Kirab ini merupakan festival lokal, tapi cita rasanya internasional. Inilah Indonesia, Men! Dengan segala aneka ragam budaya yang perlu dijaga. Amazing Indonesia, Pertahankan budaya lokal. Indonesia itu keren :).
Pesertanya banyak banget :)


Terima kasih sudah membaca, Jangan lupa tinggalkan komentar, joinsite my blog. follow my twitter @queenlionade, facebook: Endang Indri Astuti



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Novel: Belahan Jiwa, Saat Dia Selalu Bersamamu, Cinta itu Telah Hadir

Jangan dibuka trailer di atas kalau gak mau kayak aku, langsung lari ke Indomaret buat ngambil novel Belahan Jiwa karya Nuniek KR ini :). Sumpah dendam banget sama yang buat trailer, maksudnya apa coba, bikin trailer yang bisa bikin nangis dari detik pertamanya di play (Pas iklannya, Plak). Tapi beneran aku sempat menitikkan air mata waktu liat trailer ini. Ciyus. Buat Bang Roll, hebat banget bisa bikin trailer keren kayak gini. Kamu utang 1 tetes air mataku, Bang. Hiks T_T

Nila Asam Manis Pedas Ala Warung Mbak Diah Pedan

Menikmati weekend dengan makan di tempat yang rindang, sejuk dengan panorama khas pedesaan memang jadi dambaan semua orang. Seperti yang saya lakukan dengan teman-teman saya beberapa waktu yang lalu. Mencari makanan enak di kota kami, Klaten memang tidak cukup sulit. Hanya saja kadang untuk mencari lokasinya sedikit sulit, tapi untungnya sekarang ada aplikasi Opensnap jadi gak perlu repot buat cari lokasi tempat makan favorit. Hm ... Mandanginnya ampe segitunya :)

10 Menu Makanan yang Wajib Banget Kamu Cicipin Kalau Berkunjung Ke Coconuts Resto

Solo emang surganya kuliner, gak jarang kalau pas ke solo pasti aku menyempatkan waktu untuk sekadar jalan-jalan atau sekadar mencicipi wisata kuliner di kota yang memiliki julukan Spirit Of  Java.  Beberapa minggu yang lalu aku sempat ke Solo untuk mengunjungi kakakku. Selagi di Solo, maka gak afdhol kalau gak jalan-jalan atau wisata kulineran. Aku pun mengajak seorang teman untuk jalan bareng, kebetulan dia orang solo dan tahu solo banget.  Namanya Mbak Ana. Aku pun janjian dengan Mbak Ana untuk wisata kulineran bareng. Kami janjian di Hartono Mall Solo baru, karena tempat itu yang paling dekat dengan rumah kakakku. Aku pun segera bersiap dan berangkat ke Hartono Mall. Enggak butuh waktu lama. 10 menit aja nyampe, setelah parkir mobil aku pun menunggu di area VIP parking agar mbak Ana lebih mudah menemukanku.