Langsung ke konten utama

Briefing Kelas Inspirasi Malang, Bagaimana Menjadi Seorang Inspirator?



Hai Kawan, sudah baca kisah saya waktu keterima Keterima Kelas Inspirasi Berasa INgin ... Kini saya akan bercerita betapa Tuhan memberi saya banyak pelajaran hari ini. Hari ini tepatnya tanggal 7 September 2015 adalah hari breafing para inspirator (Mereka menyebut para relawan dengan sebutan ini) untuk berjumpa dan saling mengenal. Sekaligus kita diberikan pembekalan sebelum terjun langsung pasa hari inspirasi.




Apa itu Kelas Inspirasi? Hari inspirasi? Para Inspirator? Tenang … tenang … nanti akan saya jelaskan satu per satu. Tapi maukah mendengar sedikit cerita saya tentang hari ini? Pagi ini, saat mentari masih terlelap dan belum menggeliat saya sudah bangun terlebih dahulu. Suatu pemecahan rekor buat saya, biasanya saya memang bangun pagi (Salat subuh aja lalu tidur lagi). Saya insomnia, jadi agak sulit kalau disuruh tidur lebih awal dan efeknya terkadang saya bangun agak siang.  Agak gak enak juga sama Bunda Nisa, karena saya kadang gak bisa bangun lebih awal.

 
Tuh ... kita diajak Goyang Duyu sama panitia loh :0. Photo by: Kelas Inspirasi Malang (Fabebook)

Jam 5 pagi saya sudah bangun dan bersiap, pasalnya saya mesti bangun pagi-pagi. Karena Brefing akan dimulai jam 8 pagi di Hotel Grawidya, Jl. Raya Ir. Soekarno 32, Beji, Batu. Saya jelas gak tahu itu daerah mana. Maklum anak perantauan, tapi  dengan tekad bulat saya berangkat. Saya harus naik angkot 3 kali Kepanjen-Kacuk-Landungsari-Batu. Perjalanan memakan waktu hampir 2 jam.

Saya tiba di lokasi tepat pukul 8, ketemu dengan para inspirator muda  dan beberapa teman yang belum saya kenal dan akhirnya kenalan juga. Heehehe.  Acara dibuka sekitar pukul setengah Sembilan oleh mas Rully. Ada yang membuat saya kaget, ternyata Ketua Kelas Inspirasi Malang yaitu Mbak Amanah Alvia ini masih muda loh, salut banget. Dia ini yang bikin program sekeren ini dengan semangat jiwa mudanya, ditambah lagi kerja keras para panitianya yang emang sukarela tanpa bayaran seperserpun.
Akunya ke crop kamera :(. Photo by: Kelas Inspirasi Malang (facebook)



Apa itu Kelas Inspirasi?

Kelas Inspirasi adalah Gerakan para professional yang terjun langsung ke sekolah-sekolah dasar untuk membagikan pengalaman kerja, serta memotivasi siswa  dalam meraih cita-cita. Jadi gini, coba tanyakan pada anak-anak kecil, apa cita-cita kamu kalau sudah besar? Dia pasti akan jawab dokter, polisi, tentara, pilot, jarang kan yang jawab pengen jadi editor, jadi blogger gitu. Heheheh.

Jadi kelas inspirasi ini bertujuan untuk mengenalkan pada para generasi penerus bangsa kita yang masih unyu-unyu tentang profesi kita sehari-hari.  Yang saya bingung sekarang nanti saya akan memperkenalkan profesi saya sebagai apa? Editor? Penulis? Blogger? Ahahaha.
Datangnya sama belahan jiwa loh :)


Bagaimana Cara Mendaftar Kelas Inspirasi?

Pendaftaran dibuka secara online, siapa saja boleh ikut. Apapun profesi kamu bisa tutut serta membagikan inspirasi pada adik-adik kita. Saya dulu tahu Kelas Inspirasi dari Bunda Nisa, kemudian saya daftar di www.kelasinspirasimalang.org . Di sini ada 4 relawan yang bisa kamu coba daftar: relawan panitia, relawan pengajar, relawan fotografer, relawan videographer. Kamu bisa daftar sesuai yang kamu inginkan. Kelas ini diadakan setiap tahunnya loh, jadi tahun depan kamu bisa ikutan.

 
Mas-mas MC lagi ngomong :0

Ada berapa banyak orang yang ikut Kelas Inspirasi Malang 3?

Kelas inspirasi Malang sudah tahun ketiga ini di gelar. Ada sekitar 300-an lebih relawan mulai dari relawan pengajar, panitia, fotografer dan videographer. Semuanya tergabung dalam sekitar 26 rombongan belajar. Masing-masing rombongan belajar terdiri dari fasilisator dan 10 orang relawan, 6 orang relawan pengajar, 2 relawan fotografer, 2 relawan videographer. Yang masing-masing rombongan bakal ditugaskan ke salah satu SD yang ada di Kota Malang maupun kota Batu. Baik yang di desa maupun di pelosok-pelosok.



Apa sih yang akan kita lakukan Pas Hari Inspirasi? Dan apa itu Hari inspirasi?

Hari Inspirasi adalah hari di mana kita akan terjun langsung ke sekolah-sekolah yang Insya Allah jatuh pada hari Sabtu, 21 November 2015.  Kita bakal menhinspirasi mereka dengan berbagi pengetahuan, pengalaman, berinteraksi secara langsung dengan mereka, mengajak mereka bermain. Duh … jadi deg-degan saya ;0

 
Ketua Kelas Inspirasi Malang, masih unyu banget loh :)

APa yang diharapkan dalam kelas Inspirasi bagi saya?
Berbagi, dari awal entah kenapa saya ingin berbagi dengan para mereka calon generasi bangsa kita. Kita perlu memberikan mereka motivasi, mereka adalah generasi yang hebat dan tentunya akan menjadi lebih hebat dari kita kelak. 


Ceritakan Dong jalannya Breafing Kelas Inspirasi Malang kali ini. Seru gak?

Seru banget ...!!! Aku sempat mau nangis nyanyiin lagu Indonesia Raya sama Bagimu Negeri. Kita Sempat Goyang Duyu loh, pokoknya diajakin goyang sama panitia. HEhehehe Briefing kali ini diisi sama para relawan yang udah ikutan  Kelas Inpsirasi Malang sebelumnya. Kita dikasih tahu sama mereka, gimana sih caranya ngajarin anak SD? Tentunya gak mungkin kan kalau saya nanti ngajar anak-anak SD gini. “Anak-anak ini namanya typo ya … jangan sekali-kali diulangi. Plak.” Apa gak bengong itu anak-anak kalau saya ngajarnya kayak gitu. Hehehehe.



Selain itu kita juga mendapat suntikanmotivasi dari  Bapak Muhammad Mahpur yang juga
Mas Riangga Lagi cerita :)
seorang Dosen di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Beliau bercerita serunya ngadepin anak SD di kelas inspirasi sebelumnya.  Ada juga Mas Riangga, seorang star pengajar muda Indonesia Mengajar yang baru pulang dari Halmahera yang memberikan kita banyak pelajaran.



Satu hal yang penting yang saya petik dari Kelas Inspirasi Malang hari ini, “Satu orang terjun langsung membuat perubahan lebih baik daripada 1000 orang berpangku tangan dan hanya mampu menyalahkan pemerintahan.”

Mari kita jadi generasi yang menginspirasi dengan bakat, kemampuan dan kemauan kita untuk berbagi.:)


Terima kasih telah membaca, jangan lupa tinggalkan komentar, follow google+ adindazetya, joinsite my blog, follow my twitter @queenlionade, facebook: Endang Indri Astuti




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Novel: Belahan Jiwa, Saat Dia Selalu Bersamamu, Cinta itu Telah Hadir

Jangan dibuka trailer di atas kalau gak mau kayak aku, langsung lari ke Indomaret buat ngambil novel Belahan Jiwa karya Nuniek KR ini :). Sumpah dendam banget sama yang buat trailer, maksudnya apa coba, bikin trailer yang bisa bikin nangis dari detik pertamanya di play (Pas iklannya, Plak). Tapi beneran aku sempat menitikkan air mata waktu liat trailer ini. Ciyus. Buat Bang Roll, hebat banget bisa bikin trailer keren kayak gini. Kamu utang 1 tetes air mataku, Bang. Hiks T_T

Nila Asam Manis Pedas Ala Warung Mbak Diah Pedan

Menikmati weekend dengan makan di tempat yang rindang, sejuk dengan panorama khas pedesaan memang jadi dambaan semua orang. Seperti yang saya lakukan dengan teman-teman saya beberapa waktu yang lalu. Mencari makanan enak di kota kami, Klaten memang tidak cukup sulit. Hanya saja kadang untuk mencari lokasinya sedikit sulit, tapi untungnya sekarang ada aplikasi Opensnap jadi gak perlu repot buat cari lokasi tempat makan favorit. Hm ... Mandanginnya ampe segitunya :)

10 Menu Makanan yang Wajib Banget Kamu Cicipin Kalau Berkunjung Ke Coconuts Resto

Solo emang surganya kuliner, gak jarang kalau pas ke solo pasti aku menyempatkan waktu untuk sekadar jalan-jalan atau sekadar mencicipi wisata kuliner di kota yang memiliki julukan Spirit Of  Java.  Beberapa minggu yang lalu aku sempat ke Solo untuk mengunjungi kakakku. Selagi di Solo, maka gak afdhol kalau gak jalan-jalan atau wisata kulineran. Aku pun mengajak seorang teman untuk jalan bareng, kebetulan dia orang solo dan tahu solo banget.  Namanya Mbak Ana. Aku pun janjian dengan Mbak Ana untuk wisata kulineran bareng. Kami janjian di Hartono Mall Solo baru, karena tempat itu yang paling dekat dengan rumah kakakku. Aku pun segera bersiap dan berangkat ke Hartono Mall. Enggak butuh waktu lama. 10 menit aja nyampe, setelah parkir mobil aku pun menunggu di area VIP parking agar mbak Ana lebih mudah menemukanku.