Langsung ke konten utama

Dibalik Layar Hari Inspirasi: Ini Tho Rasanya Sehari Jadi Guru?

Kelas inspirasi emang udah kelar, tapi kayaknya belum afdol karena aku belum cerita ke kalian para sahabar bloggerkuh tercintah #Peluksatusatu.Plak. Maklum karena akhir-akhir ini lagi sibuk (Sibuk gak punya wifi jadi jarang ngeblog) kalaupun ada bisa sehari 5 kali deh aku ngeblognya.
Bersama adik-adik SD Ngenep 4, tebak lagi ngapain?

Lanjut ke kelas inspirasi aja ya, capcus ... apa aja sih yang terjadi di kelas inspirasi Malang 3 khususnya di rombel 63 kelas inspirasi Malang? Check this out.

1. Let me see, who are we?
Gak kenal, maka gak sayang. Masa kamu gak sayang sama aku yang imut ini sih? #Dilemparsandal.
Paket Lengkap dari kiri (Akbar, Johan, Yuli, AKu, Arum, Bu Suci, Erli, Dian, Pak Endra, Hanif)
Rombel 63 kelas inspirasi Malang ini terdiri dari Mbak Yuli (Fasilitator), Mbak Arum (Fasilitator), Bu Suci (Pengusaha, Relawan Pengajar), Pak Endra (Relawan Pengajar, aduh agak lupa profesinya. pi ai ci kayaknya) Mbak Dian (Dosen, ahli gizi), Bu Erli (Akuntan), Mas Akbar (Fotografer), Mas Johan (Fotografer), Mas Hanif (Videografer) dan saya (Bukan siapa-siapa) Plakk.
Dari Kiri (Johan, Arum, Aku, Yuli< Bu Suci, Akbar)

2. Ujian sebelum berangkat.
Kerja sama itu penting
Ujian datang sebelum berangkat. Karena lokasi SD Ngenep yang jauh dari Kepanjen, saya mesti nginep dulu pas Hari Jumatnya di rumah Bu Suci. Beruntung saya dapat Rombel yang bener-bener kekeluargaannya mantep, satu sama lain melengkapi dan saling membantu. Saya beruntung, karena Bu Suci dan keluarganya menerima saya dengan baik, jadi selama 3 hari saya kopen, mulai dikasih tempat nginep, diajakin makan, dan tentunya ditebengin kemana-mana.
Upacara hari Inspirasi

3. Selalu Ada Jalan Ketika Kita Percaya
Bener banget. Ingat banget pas tanggal 21 itu uang di kantong tinggal 50 ribu, itu pun mesti bolak-balik 2 hari lagi sebelum tanggal 23nya saya pulang ke Klaten. Dan rasanya pergi ke mana-mana dengan uang segitu itu ketar-ketir sumpah, mana di ATM gak ada uang blas. Sampai aku sempat minjem uang Mbak Nisa, kepepet dan akhirnya saya dikasih uang  gaji terakhir saya, bahkan saya gak nyangka dia sampai jual cincin demi ngasih uang saya. Padahal saya cuma nembung (bilang) pinjam 20 ribu. Saking baiknya dia, terima kasih Mbak Nisa.


4. Kejutan-Kejutan Mengajar Sehari
Nervous pakai banget ketika pagi itu datang, bahkan saya sempat gak bisa tidur karena hal tersebut. Aish ... hasilnya paginya agak ngantuk. Pagi ini sebenarnya dandan pengen kayak peri bunga gitu, pakai mahkota bunga-bunga biar kelihatan imut dan lebih dekat dengan anak-anak. Tapi, jangan ditanya, dandananya cuma bertahan sejam doang. Plethak.

5. Mengajar 3 Kelas
Nah ... saya kebagian mengajar tiga kelas di hari Sabtu (21/11) kemarin, dan rasanya wow banget. Pernah mengajar anak-anak SD, kamu sendirian dan ngadepin 30 murid lainnya? Tanpa ada guru yang ngawasin di belakangnya. Rasanya Nyess!!! Materi yang udah disiapkan semalaman mendadak hilang. "Mau ngomong apa nih?" "Haduh ... gimana ini?" kayak gitu yang saya rasakan. Beuh rasanya gado-gado, Nano-nano abiss. Tapi Alhamdulillah, pada jam pertama saya mengajar di kelas 4, antusiasmenya luar biasa. Saya berkenalan dengan anak-anak yang penuh semangat, bahkan mereka excited banget dikasih kertas buat nulis impian mereka dan saya sempat memberikan kesempatan pada mereka untuk mengetik di laptop saya dan mereka luar biasa, sangat :)

6. Surprised di kelas gabungan (Kelas 5 dan 6)
Sesi kedua adalah mengajar di kelas gabungan (Kelas campuran 5 dan 6) dan saya spechless hampir nangis. Beneran. Kalau kamu pernah mengabaikan guru atau tidak memperhatikannya, kini saya tahu rasanya. Tuhan, apa dulu guru saya juga merasakan apa yang saya rasakan? Awalnya perkenalan di kelas ini lancar, sampai ada sesuatu di luar yang menari perhatian adik-adik dan satu kelas keluar semua di tengah jadwal mengajar saya. Dan rasanya air mata udah ngantri di pelupuk mata. Berasa gagal, namun akhirnya saya dibantu oleh Mbak Fasil dan membuat mereka kembali kondusif. Di kelas ini saya belajar, sebenarnya mereka itu bukan anak-anak yang nakal, hanya saja terkadang rasa ingin tahu mereka sungguh-sungguh luar biasa.
Senyum mereka :)

7. Dapat Surat Cinta
Cie ... saya beneran dapat dua lembar surat, masing-masing satu orang, Namanya Sintia Sari dan Zhelia Putri. Isinya rasa terima kasih mereka karena saya telah datang ke sekolah mereka, berasa pingin nangis. Beneran, padahal saya belum memberikan apa-apa pada mereka.

8. Take Berkali-kali
Seusai kelas inspirasi untuk keperluan dokumentasi, kita diwajibkan untuk mengambil beberapa kesan dalam Video, dan pengambilan gambar kami lakukan di hutan dekat SD. FYI, memang jalan menuju SD ini mesti melewati hutan. Dan ternyata jadi kru dadakan di kamera dan ngomong di kamera itu gak gampang. Kami aja mesti ngulang beberapa kali. Fiuh ... capek tapi seru.
Bersiap melempar balon :)

9. Pelajaran Berharga
Seumur hidup saya baru kali ini saya merasakan ikut kelas inspirasi, saya berharap masih mendapat kesempatan untuk mengikutinya lagi ... lagi ... dan lagi ... Satu hal yang saya petik :
Lihat teasernya di sini ya :)
"Kebahagiaan bukan berasal dari banyaknya harta, tapi bagaimana kita mau dan mampu berbagi bahagia kepada orang lain, meski hanya secuil ilmu." 

Terima kasih sudah membaca, jangan lupa tinggalkan komentar, follow google+ @adinda zetya, twitter @queenlionade, facebook: Endang Indri astuti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Novel: Belahan Jiwa, Saat Dia Selalu Bersamamu, Cinta itu Telah Hadir

Jangan dibuka trailer di atas kalau gak mau kayak aku, langsung lari ke Indomaret buat ngambil novel Belahan Jiwa karya Nuniek KR ini :). Sumpah dendam banget sama yang buat trailer, maksudnya apa coba, bikin trailer yang bisa bikin nangis dari detik pertamanya di play (Pas iklannya, Plak). Tapi beneran aku sempat menitikkan air mata waktu liat trailer ini. Ciyus. Buat Bang Roll, hebat banget bisa bikin trailer keren kayak gini. Kamu utang 1 tetes air mataku, Bang. Hiks T_T

Nila Asam Manis Pedas Ala Warung Mbak Diah Pedan

Menikmati weekend dengan makan di tempat yang rindang, sejuk dengan panorama khas pedesaan memang jadi dambaan semua orang. Seperti yang saya lakukan dengan teman-teman saya beberapa waktu yang lalu. Mencari makanan enak di kota kami, Klaten memang tidak cukup sulit. Hanya saja kadang untuk mencari lokasinya sedikit sulit, tapi untungnya sekarang ada aplikasi Opensnap jadi gak perlu repot buat cari lokasi tempat makan favorit. Hm ... Mandanginnya ampe segitunya :)

10 Menu Makanan yang Wajib Banget Kamu Cicipin Kalau Berkunjung Ke Coconuts Resto

Solo emang surganya kuliner, gak jarang kalau pas ke solo pasti aku menyempatkan waktu untuk sekadar jalan-jalan atau sekadar mencicipi wisata kuliner di kota yang memiliki julukan Spirit Of  Java.  Beberapa minggu yang lalu aku sempat ke Solo untuk mengunjungi kakakku. Selagi di Solo, maka gak afdhol kalau gak jalan-jalan atau wisata kulineran. Aku pun mengajak seorang teman untuk jalan bareng, kebetulan dia orang solo dan tahu solo banget.  Namanya Mbak Ana. Aku pun janjian dengan Mbak Ana untuk wisata kulineran bareng. Kami janjian di Hartono Mall Solo baru, karena tempat itu yang paling dekat dengan rumah kakakku. Aku pun segera bersiap dan berangkat ke Hartono Mall. Enggak butuh waktu lama. 10 menit aja nyampe, setelah parkir mobil aku pun menunggu di area VIP parking agar mbak Ana lebih mudah menemukanku.