Langsung ke konten utama

Inilah Alasan Kenapa Tulisan-Tulisan Haris Firmansyah Wajib Kamu Baca


       
Judulnya udah mirip artikel-artikel di Hipwee dan situs-situs beken lainnya ya? Padahal mah ini postingan absurd, yang walaupun absurd memang wajib kamu baca, kalau enggak baca berarti kamu kagak gaul. #maksa.
Haris Fimansyah? Udah pada kenal? Kalau belum, kenalan gih! Kasian dia jomblo. Haa? Kali ini saya enggak akan bahas tentang Haris Firmansyah, kalau mau kenalan sama dia silakan klik di sini. Sesekali inboklah, biar inboknya enggak sepi. Eh. 



Selain novelis (Bisa dibilang seperti ini, walau novelnya kadang curahan hatinya yang terdalam, lol), blogger, Pangeran bermata sipit, dia juga seseorang yang mungkin reinkarnasi dari Raditya Dika sama Uus, eh. Pintar ngelucu (bukan badut, red), suka nulis status yang aneh-aneh kayak gini.


Juga seorang blogger di Haris Firmansyah.com. Yang enggak banyak orang tahu, dia adalah seorang Pangeran Kegelapan (Drakula dong? Haaa bukan!). Dia Pangeran Bermata Sipit dari Hirawling Kingdom. Buat kamu yang enggak tahu apa Hirawling Kingdom, sini saya kasih tahu, siapa tahu pertanyaan ini muncul di ujian semesteran atau ujian buat sim C di kantor kelurahan, eh salah, di polres maksudnya.
Ini dia Pangeran Bermata Sipit kita. Pict by: Nyomot di Facebook


Hirawling Kingdom atau Andrea Hirata, RAditya Dika, J. K Rowling adalah singkatan dari Hirawling. Jadi Hirawling Kingdom itu semacam grup penggemar ketiga penulis keren tersebut. Tenang aja, enggak ada gerakan melenceng, gapatar (Gerakan apa-apa lapar) atau yang lainnya, grup ini bersih dari kepentingan politik, independen, aktual, tajam, terpercaya, trust me it’s work! Jadi jangan lupa pilih HK! Eh,


Oke skip dulu tentang Hirawling Kingdom, karena di sini tugas saya untuk mereview tulisan-tulisan Haris Firmansyah, bukan tentang kadar ketampanannya, maupun Kiprah Hirawling Kingdom di Negeri ini, mungkin kapan-kapan kalau kalian tertarik bisa saya buatkan reviewnya. Dengan bekal iming-iming buku-buku Bang Haris yang mau dibagiin dan tiket PP Korea-Klaten lewat google ini, saya pun akhirnya dengan sukarela, sesadar-sadarnya membuat postingan ini.  Dan saya akui Tulisan-Tulisan Bang Haris memang beda dari yang lain, dan ada berbagai alasan kenapa Tulisan Bang Haris wajib, mesti, bukan Sunnah muakad dan mesti kamu baca (Kalau kamu kelebihan waktu dan kurang kerjaan, red. Hehehe. Piss). Ini dia alasan-alasannya.



Be a Different

Saya pernah mendengar salah satu pepatah. “Jika kamu tak bisa menjadi yang tebaik, maka jadilah seseorang yang berbeda.” Karena dengan kamu berbeda dari yang lainnya otomatis orang-orang akan melihatmu, walau dalam hatinya sih mencibirmu. Tulisan Bang Haris, baik yang di status, novel, maupun di blog itu berbeda dengan yang lainnya. Oke, biar kamu makin paham apa perbedaannya dan saya enggak dibilang sok tahu. Ini spesifikasi perbedaan tulisan Bang Haris di Blog, Status dan Novel.

a.     a.   Status Haris

Mungkin jika di film Harry Potter, Bang Haris pantesnya jadi Neville Longbottom. Karena dia agak-agak beda, konyol gimana gitu ya, walau sebenernya dia cakep (Nevillenya, bukan bang Haris). Bang Haris tipe orang yang membawa enteng status, bukan sebagai tempat curhat, membuat postingan kontroversial buat mancing pendapat publik, ataupun untuk mencari muka. Ada aja hal-hal konyol yang kadang enggak kepikiran di otak kita, tapi bisa jadi status yang ngocok perut sama dia. Kayak yang satu ini:

Esensinya di mana bang?


b.      Blog Haris

Menjadi satu hal yang unik dan menarik karena  bang Haris mengangkat tema yang berbeda. Contohnya kalau yang lain sukanya ngereview, nulis artikel dengan kening berkerut, mungkin bang Haris nulisnya sambil ngakak. Tema yang diangkat di konten blognya simple, cukup simple. Blognya sedikit mengingatkan saya sama blognya Kaesang Pangarep, cuma beda. Sebab Bang Haris bukanlah Haris Pangareb Mburi Dhewekan. Eh. Sekalipun blognya berisi curhatan yang kadang nyeleneh dan absurd, terselip motivasi-motivasi yang tersirat. Walaupun cuma bang Haris doang yang bisa ngerti.
Ini antara ngefans apa kurang kerjaan ya?
Ini pas Bang Haris membahas Hadi Kurz
c.       Novel-Novel Haris

Walaupun saya cuman punya satu novel Bang Haris, semoga setelah ini GA ini novel saya bertambah. Aamiin. Satu novel pun disedekahin Bang Roll dengan tulisan di belakang buku yang bikin Nyesek “Dengan ini Engkau Harus Mengakui Kecempionsipan Abang, Endang Suwe!” dan sukses bikin saya mikir, novel ini dikirim Bang Haris, dengan tanda tangan asli Beliau, eh dia maksudnya, tapi kok bisa ada pesan dari Alien Montenegro #mikirkeras. Novel 3 Koplak yang saya baca sebenarnya menyelipkan berbagai filsafah hidup yang dikemas apik dengan komedi. Tentunya dengan gaya khas tulisan bang Haris, absurd, surealis, fundamental, humoris.



Good Personal Branding

Bang Haris berhasil membangun Personal Brandingnya sebagai seorang pangeran, meyakinkan seyakin-yakinnnya penduduk HK bahwa dia seorang Pangeran, serta membuat saya yakin bahwa dia satu-satunya lelaki sipit yang merasa kedinginan foto di bawah pohon pinus (terlihat dari pose bersedekapnya). Dia penulis yang mampu menulis apapun tanpa meninggalkan dirinya sendiri, lha? Maksudnya penulis yang tetap jadi dirinya sendiri, soalnya dia kurang bule kalau mau jadi Captain Amerika.



From Nothing To Something

Apapun bisa jadi tulisan sama Bang Haris. Kadang yang enggak kepikiran di otak sekalipun bisa jadi hal yang menarik buat dia bedah di blog maupun dia jadiin bahan novel. Kadang saya mikir apa ya isi otaknya Bang Haris? Mungkin dia punya pabrik suatu bubuk pembuat orang lain ketawa. Kayak pas baca 3 Koplak Mengejar Cinta saya sampai ngakak sendiri di kereta, pas itu duduknya di depan toilet, jadi saya berani ngakak. Kalau enggak ya saya mungkin udah dituduh gila. Tergila-gila sama kamu.


a Good Message

Kata Pak Edi di statusnya beberapa hari yang lalu, yang kalau saya  enggak salah tangkap artinya, “Saya kurang setuju menulis cerita hanya untuk cerita, jadi semacam harus ada pesan di dalamnya.” Sama pula dengan Bang Haris dalam menulis cerita. Keliatan dari matanya yang sipit. Eh. Dia selalu menyisipkan sebuah pesan tersirat dan hanya orang-orang tertentu yang mampu membacanya. Mungkin terkadang hanya sebatas Alien doang, eh.
Pict: Roll Alien Montenegro


Never Give Up

Satu yang saya kagumi dari Bang Haris, ---percayalah ini bukan sogokan agar saya menang GA ini, tapi ini jujur karena saya lagi khilaf--- Bang Haris ini orangnya pantang menyerah dan produktif (nulis, red). Banyak karya-karyanya yang sudah terbit. Yang saya tahu menulis novel itu enggak gampang, dan yang bikin saya kagum dia nulis novels seperti nulis dunianya sendiri, sakkarepe dhewe. Seolah penerbit yang ngikutin dia, bukan dia yang ngikutin penerbit. Tak Heran bila dia bisa jadi role model buat remaja masa kini yang bepikir positif, enggak gampang menyerah nulis dan JOMBLO! Padahal dulu saya sempat ngira dia pacarnya Vindy Putri, atau emang benar iya ya?



Segitu aja alasan-alasan yang enggak masuk akal dari saya, enggak sadar udah 1.015 kata, melebihi permintaan Bang Haris yang hanya 500 kata. Finally, semoga saya beruntung memenangkan GA ini. Mohon doanya masyarakat seluruh Indonesia, semoga saya amanah menjalakan tugas negara. Eh, Lah. Aamiin.



Terima kasih sudah membaca, jangan lupa tinggalkan komentar, follow my twitter @queenlionade. Facebook: Endang Indri Astuti. Email: adindazetya@gmail.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Novel: Belahan Jiwa, Saat Dia Selalu Bersamamu, Cinta itu Telah Hadir

Jangan dibuka trailer di atas kalau gak mau kayak aku, langsung lari ke Indomaret buat ngambil novel Belahan Jiwa karya Nuniek KR ini :). Sumpah dendam banget sama yang buat trailer, maksudnya apa coba, bikin trailer yang bisa bikin nangis dari detik pertamanya di play (Pas iklannya, Plak). Tapi beneran aku sempat menitikkan air mata waktu liat trailer ini. Ciyus. Buat Bang Roll, hebat banget bisa bikin trailer keren kayak gini. Kamu utang 1 tetes air mataku, Bang. Hiks T_T

Nila Asam Manis Pedas Ala Warung Mbak Diah Pedan

Menikmati weekend dengan makan di tempat yang rindang, sejuk dengan panorama khas pedesaan memang jadi dambaan semua orang. Seperti yang saya lakukan dengan teman-teman saya beberapa waktu yang lalu. Mencari makanan enak di kota kami, Klaten memang tidak cukup sulit. Hanya saja kadang untuk mencari lokasinya sedikit sulit, tapi untungnya sekarang ada aplikasi Opensnap jadi gak perlu repot buat cari lokasi tempat makan favorit. Hm ... Mandanginnya ampe segitunya :)

10 Menu Makanan yang Wajib Banget Kamu Cicipin Kalau Berkunjung Ke Coconuts Resto

Solo emang surganya kuliner, gak jarang kalau pas ke solo pasti aku menyempatkan waktu untuk sekadar jalan-jalan atau sekadar mencicipi wisata kuliner di kota yang memiliki julukan Spirit Of  Java.  Beberapa minggu yang lalu aku sempat ke Solo untuk mengunjungi kakakku. Selagi di Solo, maka gak afdhol kalau gak jalan-jalan atau wisata kulineran. Aku pun mengajak seorang teman untuk jalan bareng, kebetulan dia orang solo dan tahu solo banget.  Namanya Mbak Ana. Aku pun janjian dengan Mbak Ana untuk wisata kulineran bareng. Kami janjian di Hartono Mall Solo baru, karena tempat itu yang paling dekat dengan rumah kakakku. Aku pun segera bersiap dan berangkat ke Hartono Mall. Enggak butuh waktu lama. 10 menit aja nyampe, setelah parkir mobil aku pun menunggu di area VIP parking agar mbak Ana lebih mudah menemukanku.