Langsung ke konten utama

Trik Jitu Agar Ceritamu Dibaca Banyak Orang di Wattpad


Tahu Wattpad kan? Enggak tahu? Duh. Wattpad itu tempat baca dan nulis novel gratis. Enggak hanya bisa dibaca penduduk negeri ini, tapi juga penduduk luar negeri juga loh. Sekarang ini banyak penulis yang karyanya berasal dari Wattpad tapi jadi best seller. Kayak Dear Nathan yang lagi hits banget itu loh. Enggak bisa dipungkiri sih kehadiran para penulis wattpad membawa warna baru di dunia literasi. Meski you know what,  terkadang di wattpad nulisnya pada ngasal dan sesuka hatinya, enggak mikirin typo dan EYD. Namun banyak juga kok cerita bagus di sana. Tergantung yang nulis juga.


Anehnya, di Wattpad, kadang cerita yang ditulis dengan memperhatikan Eyd dan terkonsep bisa kalah jauh viewersnya dengan cerita yang biasa-biasa aja, bahkan ada yang merhatiin EYD. Kayak cerita saya contohnya. Tiga tahun yang lalu saya menulis cerita di Wattpa dengan judul MY Perfectly Husband. Dan pembacanya lumayan 42.000 viewers sampai sekarang. Cerita itu saya tulis ngasal. Dengan EYD yang super duper berantakan. Tapi viewnya malah segitu banyak. Sedangkan cerita yang saya tulis dengan konsep, yang berjudul Before Marriage. Malah dikit banget yang baca. Hanya 340 viewer. Ngenes banget, Padahal ini udah tamat.

So, menurut pengamantan saya, ada trik-trik khusus gimana caranya membuat cerita yang kamu tulis di wattpad dibaca banyak orang.

1.      Buat prolog yang cetar membahana
Prolog cerita ini penting. Pembukaan cerita kamu harus antimainstream. Sebisa mungkin singkat, padat, ngepoin banget. Pokoknya yang bikin penisirin--- penasaran tingkat akut.


2.      Sering-sering share di sosmed
Sering-sering kamu share link cerita kamu di sosmed. Entah itu instagram, path, facebook, twitter. Pokoknya seluruh sosmed yang kamu punya. Jangan lupa ditag ke temen, enyak, emak, babe dan para mantan sekalian gak papa.

3.      Tulis ceritamu secara continue
Jadi buat jadwal kapan ceritamu tayang. Misalnya setiap seminggu sekali, Malam Jum’at gitu. Pokonya usahakan continue.

4.      Jangan pelit membalas komentar reader
Reader itu memegang peranan penting. Oleh karena itu. Kamu jangan lupa untuk membalas komentar para reader. Ibarat kata kamu artis, reader itu fans kamu. Jadi Fans itu penting, dia bisa jadi baik dan juga nyeremin.

5.      Kasih label ceritamu
Kasih label ceritamu. Biasanya label atau tag ini akan mempermudah pencarian cerita kamu di wattpad. Semacam kata kunci pencarian gitu.


Mungkin itu beberapa trik yang bisa membantu ceritamu dibaca lebih banyak orang di Wattpad. Tapi jika kamu sudah mencoba namun belum berhasil juga ya Wallahu a’lam. Serahkan saja semuanya sama yang di atas. #Nyodorinlaptop ke genteng

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Novel: Belahan Jiwa, Saat Dia Selalu Bersamamu, Cinta itu Telah Hadir

Jangan dibuka trailer di atas kalau gak mau kayak aku, langsung lari ke Indomaret buat ngambil novel Belahan Jiwa karya Nuniek KR ini :). Sumpah dendam banget sama yang buat trailer, maksudnya apa coba, bikin trailer yang bisa bikin nangis dari detik pertamanya di play (Pas iklannya, Plak). Tapi beneran aku sempat menitikkan air mata waktu liat trailer ini. Ciyus. Buat Bang Roll, hebat banget bisa bikin trailer keren kayak gini. Kamu utang 1 tetes air mataku, Bang. Hiks T_T

Nila Asam Manis Pedas Ala Warung Mbak Diah Pedan

Menikmati weekend dengan makan di tempat yang rindang, sejuk dengan panorama khas pedesaan memang jadi dambaan semua orang. Seperti yang saya lakukan dengan teman-teman saya beberapa waktu yang lalu. Mencari makanan enak di kota kami, Klaten memang tidak cukup sulit. Hanya saja kadang untuk mencari lokasinya sedikit sulit, tapi untungnya sekarang ada aplikasi Opensnap jadi gak perlu repot buat cari lokasi tempat makan favorit. Hm ... Mandanginnya ampe segitunya :)

10 Menu Makanan yang Wajib Banget Kamu Cicipin Kalau Berkunjung Ke Coconuts Resto

Solo emang surganya kuliner, gak jarang kalau pas ke solo pasti aku menyempatkan waktu untuk sekadar jalan-jalan atau sekadar mencicipi wisata kuliner di kota yang memiliki julukan Spirit Of  Java.  Beberapa minggu yang lalu aku sempat ke Solo untuk mengunjungi kakakku. Selagi di Solo, maka gak afdhol kalau gak jalan-jalan atau wisata kulineran. Aku pun mengajak seorang teman untuk jalan bareng, kebetulan dia orang solo dan tahu solo banget.  Namanya Mbak Ana. Aku pun janjian dengan Mbak Ana untuk wisata kulineran bareng. Kami janjian di Hartono Mall Solo baru, karena tempat itu yang paling dekat dengan rumah kakakku. Aku pun segera bersiap dan berangkat ke Hartono Mall. Enggak butuh waktu lama. 10 menit aja nyampe, setelah parkir mobil aku pun menunggu di area VIP parking agar mbak Ana lebih mudah menemukanku.