Langsung ke konten utama

Para Penulis Wajib Tahu! Tips Menghadapi Writers Block tanpa Harus Berhenti Menulis.



Sebagai seorang penulis writer’s block adalah salah satu hal yang ingin dihindari. Termasuk bagi saya yang seorang penulis status ini, eh. Hehehe. Banyak orang yang menjadikan writer’s block sebagai alasan untuk berhenti menulis, bahkan tidak meneruskan ide yang setengah jalan dituliskan. Sayang banget kan? Naskah yang udah setengah jalan mesti mandeg gitu aja. Padahal nyari ide itu susah banget loh. Sekalinya dapat malah writer’s block. Duh, Deh! Sebel!


Lalu gimana caranya agar kita gak terjebak yang namanya writer’s block? Biar kita bisa menulis secara rajin dan teratur? Beberapa orang memiliki cara yang berbeda dalam menghadapi writer’s block. Begitu pun dengan saya, saya punya beberapa cara untuk menghadapi masalah menulis yang satu ini.

Jalan-jalan
pict by Tribuntravel.com
Hal yang paling saya sukai di dunia ini adalah traveling atau jalan-jalan. Traveling gak harus mahal kok. Gak harus datang ke tempat yang jauh dan menghabiskan banyak uang. Kamu bisa mengeksplore daerah tempat kamu tinggal untuk traveling. Berbeda dengan yang lain, saat writer’s block saya biasanya jalan-jalan ke perpustakaan, atau toko buku. Nah loh apa gak mumet tuh? Udah ide mampet jalan-jalannya lihat buku lagi?
Justru dengan melihat banyak buku di perpustakaan atau toko buku membuat saya teringat akan mimpi kecil saya. Saya ingin melihat buku dengan nama saya di covernya yang dipajang di perpustakaan atau toko buku. Cara ini lumayan ampuh loh. Biasanya sepulang dari sana saya bisa menulis lagi.

Bikin Doodle Art/ Kerjakan Hobi Kamu
pict by reddbullart.com
Ada yang bilang menjadi penulis adalah sebuah kutukan. Benar sekali. Menjadi penulis adalah sebuah kutukan. Penulis adalah satu-satunya pekerjaan yang gak pernah tidur bahkan di saat dia tidur. Jika seorang penulis mendapat ide tapi tak segera menuliskannya maka kepala akan terasa sesak. Tapi, saat sedang jenuh menulis, saya tidak pernah memaksakan diri saya untuk menulis. Lakukan hobi yang kamu sukai. Salah satu hobi saya adalah bikin doodle art, di sela jeda menulis saya biasa melakukannya.  Doodle art bis amembuat saya anteng dan pikiran saya tenang. Setelah pikiran lebih fresh, baru saya melanjutkan menulis lagi.

Buatlah perjanjian dengan diri sendiri
“Kalau kamu bisa menyelesaikan novel ini sebelum tanggal …, maka kamu boleh jalan-jalan ke Korea.”. Itu hanya contoh loh, tapi kalau beneran jalan-jalan ke korea mau juga sih ahhaha. Ingat budget euy. Jangankan ke Korea, keinginan Beli Sneakers Wanita  yang udah lama banget kepengen aja belum kesampaian. Hehehe.
Saya biasanya membuat janji dengan diri-sendiri seperti di atas. Sebuah kesepakatan yang saya sepakati dengan diri sendiri. Hal ini bertujuan untuk memotivasi saya dalam menyelesaikan tulisan saya.

Nonton Drama Korea
Salah satu cara untuk menghilangkan jenuh saat menulis adalah menonton drama korea. Banyak sekali drama korea atau variety korea yang bisaa saya tonton untuk menghilangkan stress atau jenuh. Dari situ kadang saya juga dapat ide tambahan untuk naskah loh. Untuk menghemat pulsa, saya jarang download drama korea dari hape. Biasanya saya pergi ke warnet seminggu sekali selama dua jam untuk mengirimkan tulisan ke koran. Sambil mengirimkan naskah saya mendownload drama korea di 123drakor.com, sobatdrama.net, bioskopkeren.co, drakorindo.com atau situs-situs download drama korea lainnya. Lumayan loh bisa hemat kouta, jadi gak boros Beli Paket Roaming Prabayar, dan uangnya bisa digunakan untuk kepentingan yang lain.

Music and Timing
Dua hal yang tak bisa lepas dari kegiatan menulis saya adalah music and timing. Musik, sejak kecil saya memang sudah menyukai musik, bahkan sejak saya belum bisa jalan, ibu sering menyetelkan radio untuk saya. Katanya, kalau ada musik saya bisa ditinggal-tinggal dan anteng banget. Hahah. Mungkin karena itu juga sekarang saya gak bisa lepas dari yang namanya musik. Dan sebelum mulai menulis, saya biasanya mengatur playlist agar bisa menulis dengan nyaman. Hal ini biasanya menghindarkan saya dari writer’s block loh. Nulis bisa lancar terus kayak jalan tol.

Hal kedua adalah Timing. Pemilihan waktu yang pas untuk menulis adalah sesuatu yang penting. Waktu yang tepat akan memperngaruhi kelancaran kita dalam menulis. Saya punya waktu favorit untuk menulis yaitu saat bangun tidur atau saat senja.

Reading
Menulis tak penah bisa lepas dari yang namanya membaca. Karena membaca adalah bagian dari memperluas wawasan dan bisa digunakan sebagai salah satu metode untuk mencari ide. Jika sedang jenuh menulis atau ide mandeg, maka gunakan waktumu untuk membaca. Bacalah buku yang kamu suka. Enggak perlu yang terlalu berat, baca saja sesuai seleramu.

Smile and Happy
Apaan nih smile dan happy? Apa hubungannya dengan writer’s block coba? Bagi saya menulis adalah sebuah kebahagiaan. Teman saya bilang menulis adalah sebuah usaha untuk membahagiakan diri sendiri. Oleh karena itu berbahagialah saat menulis. Lalu smile? Entahlah saya rasanya pengen ketawa menulis artikel ini. Haha

Begitulah beberapa tips menghadapi writers block ala saya. Selamat mencoba. Jangan putus asa saat menulis. Setiap tulisan punya ruang pembaca dan jika gagal, jangan pernah takut untuk mencoba lagi. Kamu tak pernah tahu suatu saat tulisanmu akan membawamu ke mana. So, keep writing, gaes. And see ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Novel: Belahan Jiwa, Saat Dia Selalu Bersamamu, Cinta itu Telah Hadir

Jangan dibuka trailer di atas kalau gak mau kayak aku, langsung lari ke Indomaret buat ngambil novel Belahan Jiwa karya Nuniek KR ini :). Sumpah dendam banget sama yang buat trailer, maksudnya apa coba, bikin trailer yang bisa bikin nangis dari detik pertamanya di play (Pas iklannya, Plak). Tapi beneran aku sempat menitikkan air mata waktu liat trailer ini. Ciyus. Buat Bang Roll, hebat banget bisa bikin trailer keren kayak gini. Kamu utang 1 tetes air mataku, Bang. Hiks T_T

Nila Asam Manis Pedas Ala Warung Mbak Diah Pedan

Menikmati weekend dengan makan di tempat yang rindang, sejuk dengan panorama khas pedesaan memang jadi dambaan semua orang. Seperti yang saya lakukan dengan teman-teman saya beberapa waktu yang lalu. Mencari makanan enak di kota kami, Klaten memang tidak cukup sulit. Hanya saja kadang untuk mencari lokasinya sedikit sulit, tapi untungnya sekarang ada aplikasi Opensnap jadi gak perlu repot buat cari lokasi tempat makan favorit. Hm ... Mandanginnya ampe segitunya :)

10 Menu Makanan yang Wajib Banget Kamu Cicipin Kalau Berkunjung Ke Coconuts Resto

Solo emang surganya kuliner, gak jarang kalau pas ke solo pasti aku menyempatkan waktu untuk sekadar jalan-jalan atau sekadar mencicipi wisata kuliner di kota yang memiliki julukan Spirit Of  Java.  Beberapa minggu yang lalu aku sempat ke Solo untuk mengunjungi kakakku. Selagi di Solo, maka gak afdhol kalau gak jalan-jalan atau wisata kulineran. Aku pun mengajak seorang teman untuk jalan bareng, kebetulan dia orang solo dan tahu solo banget.  Namanya Mbak Ana. Aku pun janjian dengan Mbak Ana untuk wisata kulineran bareng. Kami janjian di Hartono Mall Solo baru, karena tempat itu yang paling dekat dengan rumah kakakku. Aku pun segera bersiap dan berangkat ke Hartono Mall. Enggak butuh waktu lama. 10 menit aja nyampe, setelah parkir mobil aku pun menunggu di area VIP parking agar mbak Ana lebih mudah menemukanku.